Let time heals the wounds

Baru-baru ini saya mempunyai asumsi yang sangat fatal. Asumsi itu lebih membunuh daripada kata-kata. Mungkin saya tidak sebaik yang saya kira, sehingga saya bisa mempunyai asumsi tersebut.

Kemarin saya mempunyai masalah sepele yang membuat saya tidak produktif untuk beberapa lama. Sempat berpikir untuk tidak berlarut-larut terlalu lama, tapi saya malah membiarkan masalah itu mengkonsumsi diri saya sendiri. Buat saya, jika di masa lalu saja saya bisa bangkit ketika ada masalah internal, masa’ saya tidak bisa kali ini–sebab eksternal. Saya lama menyalahkan diri saya sendiri, tapi lagi-lagi saya membuat diri saya sendiri tidak berdaya. Let time heals the wounds, lama kemudian.

Asumsi saya bukan bermaksud untuk menyalahkan siapa-siapa. Tidak juga kepada pihak lain yang sempat merasa ikut bertanggung jawab. Saya hanya tidak ingin asumsi tersebut berdiam terlalu lama dan lama-lama membunuh saya dan hubungan dengan orang sekitar. Justru, saya membenci diri saya sendiri untuk mempunyai asumsi lucu tersebut. Dan saya tidak tahu bagaimana mengendalikannya.

Kecuali berbicara pada orangnya langsung, berbicara mengenai asumsi saya yang negatif. Berusaha menjelaskan, untuk bukan maksud saya mempunya asumsi tersebut. Pasti ada pemantik. Namun, saya bukanlah tipe orang yang menganggap telah rusak susu sebelanga karena nila setitik. Saya juga tidak mengorbankan sesuatu yang berharga, yang sudah saya miliki sejak lama, ditawar dengan yang sangat fana dan cela. Mungkin saja bukan dia, mungkin saya, atau mungkin keduanya sekaligus. Saya tahu bagaimana memilah masalah dan bagaimana untuk memisahkannya agar tidak berkaitan satu sama lain. Kadang manusia tidak memahami dirinya sendiri.

Apapun itu, asumsi tersebut sudah selesai.

Let time heals the wounds.

Maafkan, dan lupakan.

Omong-omong, kadang lebih sukar memaafkan diri sendiri dibanding orang lain.

 

Leave a Reply

